PENGAMATAN, PEMERIKSAAN DAN PENGUKURAN SUHU KAWAH HEUTZ DAN KAWAH CEMPAGA GUNUNGAPI SEULAWAH AGAM
Diposting pada Senin, 26 November 2018

Gunungapi Seulawah Agam dengan tinggi puncak 1.809,8 meter dari permukaan laut adalah salah satu dari tiga gunungapi strato aktif tipe A di Propinsi Aceh. Posisi geografi terletak pada koordinat 95° 39‘ 20” Bujur Timur dan 05° 26' 50” Lintang Utara, secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Seulimeum dan Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Aceh. Gunungapi Seulawah Agam memiliki 2 kawah yaitu Kawah Heuzt yang terdapat di utara dan Kawah Cempaga di selatan. 

Kegiatan pengamatan, pemeriksaan dan pengukuran suhu Kawah Heutz dan Kawah Cempaga Gunungapi Seulawah Agam di Kabupaten Aceh Besar dilaksanakan oleh Tim dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh pada pertengahan bulan Juli 2017. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan :
1. untuk melakukan pengamatan secara langsung (visual) dari Kawah Heutz dan Kawah Cempaga Gunungapi Seulawah Agam;
2. untuk memperoleh data dan situasi Kawah Heutz dan Kawah Cempaga Gunungapi Seulawah Agam;
3. untuk mengetahui sifat kimia-fisik Kawah Heutz dan Kawah Cempaga Gunungapi Seulawah Agam antara lain suhu, bau warna dan suara;
4. untuk mengetahui dimensi dan sebaran fumarola dan solfatara pada Kawah Heutz dan Kawah Cempaga Gunungapi Seulawah Agam;


Sejarah Gunungapi Seulawah Agam
Berdasarkan catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada 16 dan 21 Agustus 1975 terdengar suara gemuruh dan asap keluar dari Gunung Seulawah Agam. Kemudian pada September 2010, PVMBG juga menaikkan status Gunung Seulawah Agam menjadi waspada karena terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, terutama kegempaan di gunung itu. Pada tanggal 4 Januari 2013, status waspada kembali dikeluarkan masih terkait dengan peningkatan aktivitas kegempaan vulkanik. Lebih detil tentang sejarah kegiatan Gunungapi Seulawah Agam seperti terlihat pada Tabel 1 berikut ini.

Tabel 1. Sejarah kegiatan Gunungapi Seulawah Agam.

Tahun Kegiatan

Masa Istirahat

Keterangan

1600

 

Diduga terjadi letusan di kawah parasit

1839

239

12-13 Januari. Letusan freatik di Kawah Heutz

1975

136

16 & 21 Agustus. Terdengar suara gemuruh disertai kepulan asap dari puncak

2010

35

1 September 2010. Peningkatan status dari Aktif Normal ke Waspada. 11 Juli 2011 status Gunungapi Seulawah Agam diturunkan dari Waspada ke Normal.

2013

 

3 Januari 2013, pkl 19:00 WIB status kegiatan Gunungapi Seulawah Agam dinaikkan dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II).

 Sumber: PVMBG, Badan Geologi

A. Hasil Pengamatan, Pemeriksaan dan Pengukuran Suhu Kawah Heutz

1. Lokasi dan Kesampaian Daerah
Secara administrasi lokasi Kawah Heutz berada di Desa Lambada, Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimum. Lokasi manifestasi Kawah Heutz dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dari Banda Aceh menuju menuju Seulimum atau dari Banda Aceh Menuju Krueng Raya. Pada saat pemantauan tim menggunakan rute Banda Aceh Krueng Raya. Dari Krueng Raya atau tepatnya Kecamatan Mesjid Raya, perjalanan dilanjutkan melalui jalan Krueng Raya – Lamteuba. Dari Kemukiman Lamteuba perjalanan dilanjutkan menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan berpenggerak 4 roda hingga pemberhentian terakhir. Perjalanan sampai pemberhentian terakhir berjarak tempuh ± 57 Km dengan waktu tempuh ± 3 jam. Dari pemberhentian terakhir perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki selama ± 2 jam untuk mencapai Kawah Heutz. Total waktu perjalanan yaitu ± 5 jam dengan jarak ± 61 km. Secara geografis lokasi Kawah Heutz berada pada Koordinat 05° 28' 22,2" LU dan 95° 39' 50,2" BT. Lokasi ini berada pada ketinggian ± 700 mdpl.

2. Data Fisik Manifestasi
Luas area manifestasi : ± 5000 m2
Jenis manifestasi : Solfatara, fumarol, kolam lumpur panas.
Temperatur air : 98º C
Temperatur gas : 98º - 99º C
Hasil alterasi : Limonit, kaolinit
Catatan : Manifestasi berupa lapangan solfatara, fumarol, kolam lumpur panas. Kemunculan fumarol dan kolam lumpur lebih dominan. Bau gas H2S tercium menyengat. Pada setiap lubang gas ditemukan hasil sublimasi gas H2S yang membentuk kristal mineral sulfur.

 


B. Hasil Pengamatan, Pemeriksaan dan Pengukuran Suhu Kawah Cempaga

1. Lokasi dan Kesampaian Daerah
Secara administrasi lokasi Kawah Cempaga berada di Desa Lampante, Kecamatan Seulimum. Lokasi manifestasi Kawah Cempaga dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dari Banda Aceh menuju Saree. Setibanya di Desa Teladan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan berpenggerak 4 roda dengan waktu tempuh dari Banda Aceh ± 3 jam. Selanjutnya untuk menuju lokasi manifestasi harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan waktu ± 2 jam. Total perjalanan membutuhkan waktu ± 5 jam dengan jarak tempuh ± 60 km. Secara geografis lokasi manifestasi panas bumi Kawah Cempaga berada pada Koordinat 05° 26' 18,3" LU dan 95° 39' 00,2" BT. Lokasi ini berada pada ketinggian ± 1.184 mdpl.

2. Data Fisik Manifestasi
Luas area manifestasi : ± 5000 m2
Jenis manifestasi : Solfatara.
Temperatur gas : 96º - 97º C
Hasil alterasi : Limonit, kaolinit
Catatan : Manifestasi berupa lapangan solfatara. Bau gas H2S tercium menyengat. Pada setiap lubang gas ditemukan hasil sublimasi gas H2S yang membentuk kristal mineral sulfur.

Penutup

1. Perlu ditingkatkan pengamatan secara berkelanjutan terhadap aktivitas Gunungapi Seulawah Agam. Pengamatan dapat berupa pengatan fisik dan kimia dengan periode waktu tertentu;
2. Memberikan informasi terkini tentang perubahan aktivitas atau perubahan status kepada masyarakat sekitar serta memberi informasi terperinci kepada masyarakat mengenai pengertian dari status gunungapi sehingga mengurangi keresahan masyarakat terhadap ancaman bencana gunungapi.

Penulis: Teuku Mukhlis
Editor: Khairil Basyar dan Angger

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32