Giok Aceh Dipamerkan di Hong Kong

Kategori : ESDM ACEH Jumat, 13 September 2019

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh bersama PT Mifa Bersaudara kembali bersinergi dalam membina dan mempromosikan program batu alam khas aceh melalui Perkumpulan Pengusaha Pengrajin & Penambang Batu Giok Aceh Indonesia (P3GAI) di dunia internasional yang akan di Hongkong Convention & Exhibition Center pada tanggal 18-22 September 2019.

Kepala Dinas ESDM Aceh Ir. Mahdinur,MM. menjelaskan bahwa saat ini Aceh memiliki potensi batu alam jenis giok yang sangat luar biasa dan dikenal oleh berbagai kalangan hingga mancanegara, potensi ini harus terus dikembangkan dan diberdayakan sebagai industri kreatif di Aceh sehingga pemberdayaan SDA juga meningkat nantinya kedepan dengan dukungan dari berbagai pihak seperti yang dilakukan PT Mifa Bersaudara saat ini.

Selain itu, kita berharap dengan kehadiran PT Mifa sebagai industri pertambangan skala besar di Aceh dapat terus memberdayakan masyarakat serta membantu dan mensupport beberapa industri kreatif seperti para pengusaha UKM, penambang dan pengrajin batu giok aceh ini.

Dalam penjelasannya Ketua P3GAI, Hasanudin mengatakan bahwa pihaknya membawa beberapa batu giok terbaik aceh seperti Nefrit, Indocrest, dan beberapa jenis lainnya bersama Gubernur Aceh dan Kadis ESDM Aceh yang turut berhadir saat exhibition berlangsung di hongkong. Pihaknya juga sangat mengapresiasi PT Mifa yang telah mendukung penuh kegiatan ini bersama Dinas ESDM Aceh.

 

Dalam pameran tersebut P3GAI memamerkan produk batu giok yang diolah dalam bentuk paling bernilai tambah. Terdiri atas gelang, kalung, cincin, anting, dan perhiasan yang diukir. "Perhiasan yang kita pamerkan semuanya merupakan bentuk olahan yang bernilai tinggi," kata Kepala Dinas ESDM.

Menurut Kadis ESDM, keikut serta dalam pameran internasional kali ini sangat penting bagi Aceh agar pemanfaatan kekayaan dan sumber daya alam Aceh berupa batu giok bisa optimal dan berkelanjutan, Caranya yaitu dengan menjadikan satu industri khusus seperti industri batu giok di Tiongkok yang mampu menyerap ratusan ribu tenaga kerja. Dari hulu sampai hilir. Cina bahkan bisa mengekspor aneka perhiasan dari giok ke berbagai negara.

Akan tetapi, tentunya Aceh tidak ingin mengekspor bahan mentah, tapi giok hasil olahanlah yang diekspor. "Dan alhamdulilah, kerajinan giok Aceh volume permintaannya naik terus dari tahun ke tahun," kata Kadis ESDM Aceh

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul ESDM Aceh & PT Mifa Promosikan Batu Giok Aceh di Dunia Internasional.,

https://aceh.tribunnews.com/2019/09/14/esdm-aceh-pt-mifa-promosikan-batu-giok-aceh-di-dunia-internasional.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32