Perpanjangan Kontrak Sementara Blok NSB sebagai Transisi dari PHE ke BUMA

Kategori : Pemerintah Aceh Rabu, 20 November 2019

Pemerintah Aceh dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sepakat memperpanjang kontrak sementara pengelolaan Migas Blok NSB dengan PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selama satu tahun lagi, sejak 18 November 2019 hingga 17 November 2020.

“Perpanjangan itu atas kesepakatan, bukan sepihak,” ujar Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), melalui pernyataan tertulis menjawab portalsatu.com, 19 November 2019, terkait perpanjangan kontrak sementara pengelolaan Blok NSB untuk PHE oleh Kementerian ESDM, dengan skema cost recovery.

Dia menjelaskan, kesepakatan tersebut dicapai dalam pertemuan pihak Pemerintah Aceh dengan Dirjen Migas ESDM di Ruang Rapat Sekatung Kementerian ESDM, 14 November 2019. "Perpanjangan itu semacam transisi dari PHE ke Badan Usaha Milik Aceh (BUMA)," kata SAG.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Pemerintah Aceh diwakili antara lain Kepala Dinas ESDM Aceh Ir. Mahdinur, M.M., Direktur Utama PT PEMA Ir. Zubir Sahim, M.M., Dr. Mirza Tabrani MBA Tim Negosiasi, dan Plt. Kepala Badan Pengelolaan Migas Aceh (BPMA) Dr. Azhari Idris.

Sedangkan pihak Kementerian ESDM, antara lain, dihadiri oleh Plt. Dirjen Migas ESDM Djoko Siswanto, Direktur Pembina Hulu Migas Ditjen Migas ESDM, Mustafid, dan dari SKK Migas, Asnidar.

"Kedua pihak sepakat memperpanjang pengelolan Migas Blok NSB oleh PT PHE selama satu tahun lagi, sebagai masa transisi sebelum dialihkelolakan penuh kepada BUMA dalam hal ini PT PEMA (Pembangunan Aceh)," kata SAG.

Selama masa transisi ini, pengelolaan Blok NSB, atau yang biasa disebut pengelolaan migas Blok B itu, oleh PT PHE bekerja sama dengan BUMA. Bentuk kerja samanya akan dibicarakan secara B2B (Business to Business).

“Ada komitmen PT PHE dalam masa transisi ini mendampingi BUMA mempersiapkan diri untuk pengambilalihan penuh pengelolaan Blok B itu,” ucao SAG.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali memperpanjang kontrak sementara pengelolaan Blok North Sumatera B (NSB) di Aceh Utara untuk PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Kali ini, kontrak sementara berlaku setahun sampai 17 November 2020. Selain itu, dalam kontrak sementara kali ini, PHE akan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Aceh (BUMA) untuk mengelola blok migas yang pernah dikelola oleh ExxonMobil itu.

Untuk diketahui, mulanya Blok NSB yang dikelola PT PHE sejak Oktober 2015 setelah mengakuisisi hak kelola ExxonMobil, kontraknya berakhir pada 3 Oktober 2018. Menteri ESDM lalu menyetujui perpanjangan kontrak sementara sesuai usulan BPMA, yakni selama enam bulan, sejak 4 Oktober 2018 sampai 3 April 2019.

PHE kemudian mendapatkan kontrak sementara kedua berlaku 4 April hingga 3 Oktober 2019. Selanjutnya, PHE diberikan kontrak sementara pengelolaan Blok NSB selama 45 hari dan berakhir pada 17 November 2019.(Baca: Blok NSB: Kontrak Sementara Diperpanjang Setahun, PHE Kerja Sama Dengan BUMA)[](nsy/ril)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32