PLT Gubernur Bersama Tim Tinjau Blok North Sumatera B di Aceh Utara

Kategori : Pemerintah Aceh Senin, 23 Desember 2019

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan kunjungan kerja (Kunker)  ke sumur migas Blok B di Arun, Aceh Utara, Minggu (22/12). Kunker ke sumur yangs sudah berusia 43 tahun itu ditemani Ketua BPMA, Teuku Muhammad Faisal, Asisten II Setda Aceh, Ahmad Dadek, Kadis ESDM Aceh, Mahdinur, Plt PEMA Aceh, Ir Zubir Sahim, dan tim migas Aceh.

"Pengambilalihan sumur migas Blok B ini dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, dari perusahaan negara ke perusahaan daerah, dengan masa transisi setahun ke depan, “ kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi Blok B di Arun.

Dalam masa transisi setahun ke depan, kata Nova, pihaknya perlu melihat kondisi langsung Blok B tersebut. Dalam masa transisi ini, kata Nova, masih ada proses negosiasi dan mekanismenya sedang dibicarakan. “Namanya transisi, bagaimana mekanismenya disepakati dulu, antara pemerintah pusat dengan pemerintah Aceh,” kata Nova.

Plt Gubernur mengatakan, pengambilalihan Blok B ini untuk kepentingan rakyat dan negara. Kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi seperti Exxon Mobil dan PHE, kata Nova, harus dihargai. Begitu juga ke depan antara PHE dengan PT PEMA, karena ini pekerjaan mulia untuk pendapatan negara. Semua keputusan yang diambil, kata Nova, harus bereferensi ke langkah yang sudah dilakukan selama ini, karena ini adalah hal yang terbaik dilakukan.

Dalam kunjungan kerja ke lokasi sumur migas Blok B itu, Plt Gubernur Aceh menyempatkan waktu mengunjungi kluster IV yang terdiri atas 22 sumur migas. Dari 22 sumur migas tersebut, hanya 9 lagi yang masih aktif.

Manajer Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB dan NSO, Ahmad Miftah mengatakan, sumur migas Blok B yang sudah berumur 43 tahun lebih itu memiliki hampir 100 sumur migas. Sebagian besar sumurnya sudah habis dan harus ditutup dengan biaya mencapai 2 juta dolar AS per sumur. Gas yang dihasilkan dari sumur migas Blok B itu, kata Ahmad Miftah, sudah disalurkan kepada 4.000 pelanggan gas rumah tangga yang ada di Lhoksukon, Aceh Utara, Menyangkut dana CSR, kata Ahmad Miftah, besaran dana yang diberikan PHE NSB mencapai 10 persen, lebih besar dari masa ExxonMobil yang hanya 7 persen.

Plt PT PEMA Aceh, Zubir Sahim mengatakan, kendati sumur migas Blok B saat ini sudah dalam kondisi produksi menurun, tapi masih ada kesempatan melakukan eksploitasi sumur migas yang baru dan produktif di lokasi Blok B.

Blok B terdiri atas  6 lokasi, dengan jumlah sumur hampir 100. Sebagian sudah menunjukkan tahapan penurunan produksi dan bahkan ada yang sudah ditutup. (her)

 

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Nova Kunjungi Sumur Migas Blok B, https://aceh.tribunnews.com/2019/12/23/nova-kunjungi-sumur-migas-blok-b.

Editor: hasyim

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32